6 Cara Cek Tagihan PLN dengan Mudah dan Akurat

Kebutuhan manusia memang beragam. Salah satunya adalah kebutuhan akan listrik yang apabila sampai pada waktunya, Anda memperoleh tagihan PLN untuk membayar pemakaian listrik. Anda bisa memeriksa tagihan tersebut melalui berbagai cara agar mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan beserta tanggal jatuh temponya. Simaklah 6 cara ini.

  1. Cara Cek Tagihan Via Telepon

Mengetahui jumlah tagihan listrik bisa dilakukan dengan mudah melalui telepon. Cara ini cukup mudah, yaitu dengan menghubungi customer service pihak PLN serta menanyakan tentang tagihan listrik. Anda dapat melakukan panggilan ke call centre PLN di menu 123. Jangan lupa untuk cantumkan juga kode area. Selanjutnya, ikutilah petunjuk operator.

Untuk melalukan call centre ke pihak PLN, Anda akan dikenakan biaya telepon normal. Cara cek melalui panggilan telepon seperti ini bisa dilakukan kapan pun karena call centre dari PLN ini akan aktif selalu dan siap sedia selama 24 jam non stop.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik Via SMS

Selain via panggilan telepon, Anda bisa melakukan cek tagihan lewat SMS. Tersedia 2 pilihan yang bisa digunakan, yaitu cek tagihan dalam jangka waktu 1 bulan dan cek tagihan secara continue. Cara cek tagihan setiap bulan bisa dilakukan dengan format REK (spasi) nomor ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

Adapun cara berlangganan pemberitahuan tagihan listrik, yaitu dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit dari nomor ID Pelanggan, lalu kirimkan ke 8123. Terakhir, ada cara untuk berhenti berlangganan dengan mengirim SMS melalui format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit dari nomor ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

  1. Cara Cek Tagihan PLN Via Website

Agar mengetahui jumlah tagihan PLN, Anda bisa memeriksanya lewat website resmi. Cara cek tagihan lewat website memang mudah. pilih navigasi cek tagihan listrik PLN, kemudian masukkan nomor ID pelanggan PLN di kolom yang tersedia. setelah itu, masukkan kode captcha guna verifikasi.

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan melihat informasi tentang tagihan listrik dengan klik pada tulisan cek tagihan. Berikutnya, akan muncul jumlah tagihan listrik beserta status pembayarannya (sudah terbayar atau belum).

  1. Cara Cek Tagihan PLN Lewat Android

Anda juga bisa cek tagihan listrik dengan Android. Agar lebih aman, gunakan aplikasi resmi dari PLN, yaitu PLN Mobile for Android. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengunduh aplikasi resmi tersebut di Play Store. Berikutnya, pilih menu informasi pada tab menu. Pilih lagi menu informasi tagihan dan token listrik.

Langkah selanjutnya, masukkan ID Pelanggan ataupun nomor meteran Anda. Klik cari, lalu aplikasi akan menampilkan informasi mengenai status tagihan listrik Anda sekaligus dengan besaran nominal yang harus dibayarkan.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

Selain lewat Android, tagihan listrik dari PLN bisa diketahui lewat gadget iPhone. Dengan sistem informasi iOS, Anda bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile di AppStore. Aplikasi resmi ini bisa memberikan informasi tagihan listrik dengan cara mengaksesnya. Cara cek tagihan lewat aplikasi ini tetap sama dengan cek via Android, karena aplikasinya sama.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik Via Berlangganan Email PLN

Terakhir, Anda bisa melakukan cek tagihan dengan berlangganan email pemberitahuan dari PLN. Anda akan mendapatkan pesan berupa e-billing yang berisi tagihan listrik. Cara mendapatkannya adalah dengan mendaftar di e-billing PLN. Mengenai caranya, Anda bisa menanyakan via email pada [email protected] ataupun akun media sosial resmi PLN.

Itulah beberapa poin penting dalam memeriksa tagihan PLN yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui rincian jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Pemakaian listrik dapat dikontrol melalui jumlah tagihan tersebut. Cara cek tersebut ada 6 hal dan semuanya cukup mudah. Anda bisa mengaksesnya dengan praktis dan jangan sampai terlambat bayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *